RESPON DINAS KOMINFO KAMANA TERHADAP GANGGUAN JARINGAN

Berita, Teknologi, Umum

KOMINFO KAIMANA — Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kaimana menyikapi gangguan jaringan internet yang terjadi di wilayah Kabupaten Kaimana pada tanggal 16 Agustus 2025, melalui penyediaan layanan starlink guna backup jaringan internet untuk mendukung kelancaran urusan kedinasan dan kebutuhan masyarakat pada Hari Selasa (19/08/2025) bertempat di Dinas Kominfo  Jalan Utarum Pasir Lombo Kaimana.

Suasana Pelayanan Peserta Pengguna Layanan Starlink Oleh Dinas Kominfo Kaimana untuk menunjang Pelayanan Publik  dan Kebutuhan Masyarakat di Saat Gangguan Jaringan di Wilayah Kaimana.

Selama masa gangguan ini, Diskominfo Kaimana menyediakan akses internet khusus bagi urusan kedinasan yang bersifat mendesak pada jam kerja (pukul 08:00–18:00 WIT). Fasilitas ini diperuntukkan bagi instansi pemerintah yang mengalami hambatan komunikasi dan membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan layanan publik yang penting dan tidak dapat ditunda serta urusan masyarakat yang sifatnya Vital dan mendesak.

Suasana Dinas Kominfo Menyediakan Layanan Starlink Guna Menunjang Pelayanan Publik  dan Kebutuhan Masyarakat di Saat Gangguan Jaringan yang Alami di Kaimana.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang juga terdampak gangguan jaringan, Diskominfo Kaimana membuka akses internet gratis bagi masyarakat umum di luar jam kantor, yakni mulai pukul 18:00 hingga 00:00 WIT. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, pelaku UMKM, serta warga yang memerlukan akses internet untuk kegiatan produktif, pendidikan, dan komunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Kaimana, Taufik Wahyu Hidayat, SE.,MM., menyampaikan bahwa langkah ini merupakan bentuk tanggap darurat sekaligus dukungan terhadap pelayanan publik dan kebutuhan masyarakat di tengah keterbatasan jaringan.

Pelayanan Dinas Kominfo Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Peserta Pengguna  Layanan Starlink  di Kantor Dinas Kominfo, Saat Gangguan Jaringan yang Dalami di Kaimana.

Menurutnaya  dampak gangguan jaringan ini cukup luas, baik bagi pelayanan pemerintah maupun aktivitas masyarakat sehari-hari. Karena itu, kami membuka akses backup internet sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan dari pemerintah daerah dengan menyediakan jaringan internet dengan menggunakan starlink.

Kepala Dinas Kominfo Kaimana, Taufik Wahyu Hidayat, SE., MM.,  disela-sela kesibukannya di Ruang Rapat Kantor Dinas Kominfo Kaimana Dalam Rangka Pemantauan Pelayanan Terhadap Pengguna Jaringan Starlink.

“Dinas Kominfo sebagai penyedia jasa yang berkaitan dengan internet, Oleh sebab itu kami megoperasikan starlink selama masa gangguan jaringan di Kaimana. Diskominfo memiliki 2 unit starlink dan kami melakukan peminjaman starlink Milik KPU sebanyak 2 unit untuk mendukung pelayanan Kebutuhan OPD dan juga Masyarakat terhadap kebutuhan internet ini”, ujar  Kadis Kominfo yang biasa disapa Mas Taufik disela-sela kesibukannya di ruang Rapat Dinas Kominfo Kaimana.

Suasana Ruang Rapat Dinas Kominfo Kaimana yang Digunakan saat Wilayah Kaimana mengalami Gangguan Jaringan 

Dengan adanya fasilitas pendukung yang disediakan Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kaimana ini,  diharapkan aktivitas kedinasan tetap berjalan lancar dan masyarakat tetap dapat mengakses layanan digital secara terbatas sampai jaringan internet kembali dinormalkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *